Bagaimana Cinta Harusnya Kita Dapatkan Dengan Cara Yang Baik



Kata cinta sudah tidak asing lagi bagi kalangan anak muda, apalagi cinta pada seorang kekasih hatinya. Awalnya sih kenalan, lalu PDKTan, modus-modusan, saling rindu dan terus jadian deh.....

Cinta merupakan fitrah setiap manusia. Sudah seharusnya kita memilikinya, akan tetapi bukan asal-asalan dalam mengaplikasikan cinta tersebut. Mengaplikasikan cinta pada sesuatu yang salah, bisa-bisa kita akan terkena modus oleh dia. Lalu timbul sebuah harapan untuk memiliki akan tetapi harapan itu tak sesuai dengan kenyataan sehingga pada akhirnya jadilah korban PHP (Pemberi Harapan Palsu).... :D 

Kalau sudah seperti ini apa yang harus kita lakukan?? Bisa-bisa nanti galau terus....sedih terus T_T

Hadeuhhhh.....nyiksa diri banget deh kalau begini kan??
Oleh karena itu, jagalah cinta kalian para bloggers dan teman-teman, muliakan dirimu untuk tidak pacar-pacaran . kalau kita berani untuk tidak pacaran dan mau mengubah diri untuk menjadi yang lebih baik, maka yakinlah pasangan kita di masa depan nanti akan berbuat demikian. 

Ada saatnya dimana cinta yang selama ini kita jaga dalam relung hati yang indah akan dipertemukan dengan pasangan hatinya. Percayalah, Allah tak akan menyiakan hambanya yang taat. Dan dibalik semua ketaatan itu akan menemukan kado istimewa untuk kita semua.

3 Obat untuk Penyakit Hati



Assalamu alaikum wr. wb
إِنّ الْحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن، أَمَّا بَعْدُ
Kaum muslimin yang berbahagia
Syukur Alhamdulillah kita haturkan kehadirat Allah, Sang Pemberi petunjuk, Yang menguasai dan mengendalikan seluruh hati manusia. Puji syukur kita haturkan pula kepada Allah, karena dengan rahmat dan hidayahnya, kita bisa merasakan nikmatnya ibadah dan ketaatan kepada-Nya.
Hadhirin yang kami hormati,
Seperti yang kita sadari bersama, umumnya manusia sangat sulit untuk melakukan ibadah kepada Allah. Umumnya manusia sangat malas untuk diajak melakukan ketaatan kepada Sang Pencipta. Mengapa?
Kita semua akan memiliki jawaban yang sama, karena manusia dibekali dengan hawa nafsu. Hanya saja, manusia berbeda-beda. Ada yang hawa nafsunya lebih menguasi dirinya, sehingga dia bergelimang dengan maksiat, namun dia tidak merasa bersalah.  Ada yang hati nuraninya lebih mendominasi, sehingga dia menjadi hamba yang taat.
cara mengobati sakit hati
Kaum muslimin yang dimuliakan Allah,
Jika kita perhatikan, sejatinya iman, islam, dan ketaatan kepada Allah adalah sebuah kenikmatan. Terdapat banyak dalil yang menunjukkan bahwa ibadah bisa dirasakan kenikmatannya, diantaranya firman Allah ketika menceritakan salah satu kenikmatan yang Allah berikan kepada para sahabat,
وَاعْلَمُوا أَنَّ فِيكُمْ رَسُولَ اللَّهِ لَوْ يُطِيعُكُمْ فِي كَثِيرٍ مِنَ الْأَمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ حَبَّبَ إِلَيْكُمُ الْإِيمَانَ وَزَيَّنَهُ فِي قُلُوبِكُمْ وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ الْعِصْيَانَ أُولَئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ

Ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. kalau ia menuruti kemauan kalian dalam beberapa urusan benar-benarlah kalian mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kalian ‘cinta’ kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hati kalian… (QS. Al-Hujurat: 7).
Atas petunjuk Allah ta’ala, Allah jadikan para sahabat manusia yang bisa menikmati lezatnya iman, bahkan Allah jadikan iman itu sesuatu yang indah pada hati para sahabat. Sehingga kecintaan mereka kepada kebaikan, mengalahkan segalanya.
Kemudian dalam hadis dari Abbas bin Abdul Mutahalib radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ذَاقَ طَعْمَ الْإِيمَانِ مَنْ رَضِيَ بِاللهِ رَبًّا، وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا، وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا

“Akan merasakan nikmatnya iman, orang yang ridha Allah sebagai Rabnya, islam sebagai agamanya, dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagai rasulnya.” (HR. Muslim, Turmudzi dan yang lainnya).
Dalam hadis di atas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut tiga kriteria:

Orang yang mentauhidkan Allah dengan sepenuhnya, sebagai bukti dia ridha Allah sebagai Rabnya, kemudian dia menjadikan syariat islam sebagai aturan hidupnya, sebagai bukti dia ridha bahwa islam sebagai agamanya dan dia mengikuti petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hidupnya orang yang memiliki 3 kriteria ini akan merasakan lezatnya.
Dalam hadis lain, yang mungkin hadis ini sering kita dengar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,
ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الإِيمَانِ: أَنْ يَكُونَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا، وَأَنْ يُحِبَّ المَرْءَ لاَ يُحِبُّهُ إِلَّا لِلَّهِ، وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِي الكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِي النَّارِ

“Tiga hal, siapa yang memilikinya maka dia akan merasakan lezatnya iman: Allah dan Rasul-Nya lebih dia cintai dari pada selainnya, dia mencintai seseorang hanya karena Allah, dan dia sangat benci untuk kembali kepada kekufuran, sebagaimana dia benci untuk dilempar ke neraka.” (HR. Bukhari, Muslim dan yang lainnya).
Semua dalil di atas menunjukkan betapa iman, islam, dan segala turunannya, merupakan kenikmatan dan bisa dirasakan lezatnya.
Hadhirin, jamaah yang kami hormati,
Yang menjadi tanda tanya kita, mengapa banyak orang justru merasa berat atau bahkan merasa tersiksa ketika melakukan ketaatan? Bisa jadi, bahkan termasuk kita, seringkali masih menganggap ketaatan itu sesuatu yang sulit bagi kita. Lalu dimanakah nikmatnya iman itu?

Jamaah yang berbahagia,
Sejatinya kasus semacam ini juga dialami oleh fisik manusia. Seperti yang kita pahami, hampir semua orang yang mengalami sakit, dia akan susah makan, dan semua terasa pahit. Selezat apapun jenis makanan yang diberikan, orang sakit akan merasakannya sebagai sesuatu yang pahit. Soto pahit, sate pahit, bahkan sitipun pahit rasanya. Kenapa? Karena dia sedang sakit.
Seperti itu pula, orang yang sedang sakit hati dan mentalnya. Selezat apapun nutrisi yang diberikan, dia akan merasakan pahit dan berusaha menolaknya. Dengan ini kita bisa menemukan jawaban, mengapa banyak orang tidak merasakan nikmatnya iman? Karena kebanyakan manusia, hati dan jiwanya sedang sakit.
Jamaah yang berbahagia,
Untuk bisa mengembalikan pada kondisi normal, tentu kita harus berusaha mengobati penyakit itu. Karena jika sakit ini dibiarkan, selamanya kita tidak bisa merasakan nikmatnya nutrisi dan makanan. Hati sakit yang dibiarkan, selamanya akan sulit untuk menikmati lezatnya iman.
Lalu bagaimana cara mengobati hati?
Imam Ibnul Qoyim, dalam karyanya Ighatsatul Lahafan (1/16 – 17) menjelaskan bahwa ada 3 teori pokok untuk mengobati sesuatu yang sakit. Teori ini juga digunakan dalam ilmu medis.
Dalam dunia medis, ketika seorang dokter hendak mengobati pasien, dia akan memberlakukan 3 hal:

Pertama, [حِفْظُ القُوَّة] menjaga kekuatan. Ketika mengobati pasien, dokter akan menyarankan agar pasien banyak makan yang bergizi, banyak istirahat, tenangkan pikiran, tidak lupa, sang dokter juga memberikan multivitamin. Semua ini dilakukan dalam rangka menjaga kekuatan fisik pasien.
Ibnul Qoyim menjelaskan, orang yang sakit hati, salah satu upaya yang harus dia lakukan adalah menjaga kekuatan mentalnya, dengan ilmu yang bermanfaat dan melakukan berbagai ketaatan. Hatinya harus dipaksa untuk mendengarkan nasehat dan ilmu yang bersumber dari Al-Quran dan sunah, serta fisiknya dipaksa untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Karena ilmu dan amal, merupakan nutrisi bagi hati manusia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadis riwayat Bukhari, memisalkan ilmu sebagaimana hujan dan hati manusia sebagaimana tanah. Karena hati senantiasa butuh nutrisi berupa ilmu.
Kedua, [الحِمَايَة عَنِ الـمُؤْذِى] melindungi pasien dari munculnya penyakit yang baru atau sesuatu yang bisa memparah sakitnya.
Dalam mengobati pasien, tahapan lain yang dilakukan dokter adalah menyarankan pasien untuk menghindari berbagai pantangan sesuai jenis penyakit yang diderita pasien.
Hal yang sama juga berlaku untuk penyakit hati. Seperti yang dijelaskan Ibnul Qoyim, orang yang sakit harus menghindari segala yang bisa memperparah panyakit dalam hatinya, yaitu dengan menjauhi semua perbuatan dosa dan maksiat. Dia hindarkan dirinya dari segala bentuk penyimpangan. Karena dosa dan maksiat adalah sumber penyakit bagi hati. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menggambarkan bagaimana bahaya dosa bagi hati manusia,

إِنَّ العَبْدَ إِذَا أَخْطَأَ خَطِيئَةً نُكِتَتْ فِي قَلْبِهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ، فَإِذَا هُوَ نَزَعَ وَاسْتَغْفَرَ وَتَابَ سُقِلَ قَلْبُهُ، وَإِنْ عَادَ زِيدَ فِيهَا حَتَّى تَعْلُوَ قَلْبَهُ، وَهُوَ الرَّانُ الَّذِي ذَكَرَ اللَّهُ {كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ}
“Sesungguhnya seorang hamba, apabila melakukan perbuatan maksiat maka akan dititikkan dalam hatinya satu titik hitam. Jika dia meninggalkan maksiat itu, memohon ampun dan bertaubat, hatinya akan dibersihakn. Namun jika dia kembali maksiat, akan ditambahkan titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya. Itulah yang diistilahkan “ar-raan” yang Allah sebutkan dalam firman-Nya, (yang artinya), ‘Sekali-kali tidak demikian, sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka.”
(HR. Turmudzi, Ibnu Majah dan sanadnya dinilai kuat oleh Syuaib Al-Arnauth).
Ketiga, [اِسْتِفْرَاغُ الـمَوَاد الفَاسِدَة] menghilangkan penyakit yang ada dalam dirinya

Tahapan terakhir, setelah dokter memastikan jenis penyakit yang diderita pasien, dokter akan memberikan obat untuk menyerang penyakit itu. Dokter akan memberinkan antibiotik dengan dosis yang sesuai, atau obat lainnya yang sesuai dengan penyakit pasien.
Di bagian akhir keterangannya untuk pembahasan ini, Ibnul Qoyim menjelaskan bahwa cara untuk menghilangkan penyakit yang merusak hati adalah dengan banyak bertaubat, beristighfar, memohon ampunan kepada Allah. Jika kesalahan itu harus ditutupi dengan membayar kaffarah maka dia siap membayarnya. Jika terkait dengan hak orang lain, diapun siap dengan meminta maaf kepadanya.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menggambarkan,
التَّائِبُ مِنَ الذَّنْبِ، كَمَنْ لَا ذَنْبَ لَهُ
Orang yang bertaubat dari satu perbuatan dosa, seperti orang yang tidak melakukan dosa itu. (HR. Ibn Majah).
Karena dengan taubat, berarti dia menghilangkan penyakit hati berupa dosa dalam dirinya.
Jamaah yang kami hormati,
Obat yang diberikan seorang dokter akan berbeda-beda sesuai dengan jenis dan tingkat penyakit yang diderita pasien.
Dokter akan memberikan penanganan lebih, ketika sakit yang diderita pasien cukup parah, bahkan sampai harus rawat inap di ICU atau bahkan CCU. Dengan rentang waktu berbeda-beda, atau bahkan pemberian obat tanpa batas waktu. Termasuk treatment operasi dan ampuntasi.
Sama halnya dengan mereka yang sakit hatinya. Jika penyakit yang diderita sangat parah, karena pelanggaran yang dilakukan adalah dosa besar, syariat dalam islam memberikan treatment sampai pada taraf hukuman had, seperti cambuk, potong tangan, pengasingan, qishas, denda, hingga rajam.
Sebagaimana anda tidak dibenarkan untuk menuduh dokter kejam karena melakukan bedah operasi atau amputasi. Anda juga sangat tidak dibenarkan mengatakan islam kejam karena memberikan hukuman kematian.
Allahu a’lam.

Semoga Allah melindungi kita dari segala penyakit hati yang berbahaya, dan menjadikan hati kita, hati yang sehat, yang bisa merasakan lezatnya iman, islam, dan amal soleh.

Amiin..

وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ وَبَارَكَ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

Ramadhan Di Kampung Orang

Assalamu'alaykum wr.wb

Hai para bloggers, How Are You? (Kai fa Haluk ?). "Gayanya pake bahasa asing..hehehe"
Ane harap antuma semua kabarnya baik-baik saja :)
Ane sekarang udah 4 hari puasa ramadhan di Jogja, sepi rasanya tanpa orang tua. Sekarang ane ditinggal sama temen-temen. Kasihan banget ;( T_T......temen ane udah pada pulang...huhuhuhuhu
Tapi, walau mereka udah pada pulang, ane masih punya Allah yang setia menemani ane setiap waktu. Di daerah Jogja banyak kegiatan yang saya kerjakan. Salah satunya ane jadi imam teraweh anak-anak TPA.
Jadi imam teraweh anak-anak harus sangaat khusyuk, habis anak-anak sholatnya pada ribut dan main, ya ane maklumin mereka kan masih anak-anak. Tapi, sholatnya susah khusuk nya, ada yang kentutlah, ada yang ketawa, ada yang ngobrol...huhuhu harus sabar ngehadapin anak kecil, ane juga dulunya seperti itu, hehehe
Syukurnya, ane cuma bisa sampe tanggal 8 Juli 2014 nanti, ane pulang kampung ke Bengkulu..sik asik pulang..hehe
Saya juga senang, saya pulangnya bareng bidadari-bidadari syurga :) ..... hahaha
Tapi, ane pingin khatam 1 atau 2 kali di daerah Jogja ini. Setelah itu baru pulang..yeaahhhhh :)
Udah dulu yah para bloggers, cukup segini yang dapat ane ceritakan ke kalian...dahhhh :)

Air Minum Sehat dan Layak Untuk Dikonsumsi

Air adalah kebutuhan manusia untuk menambah energi dan melepaskan rasa haus. Air merupakan faktor penting dalam kehidupan sehari-hari. Air yang bersih adalah air yang bebas dari bakteri penyebab penyakit. Air merupakan sumber kehidupan, dimana suatu makhluk hidup pasti akan membutuhkan air. Kriteria air yang layak untuk dikonsumsi.
  1. Air berdasarkan fisiknya
    Berdasarkan fisik, air dapat dilihat dari bentuk dan warnanya. Air yang bersih yang layak untuk dikonsumsi warnanya jernih/bening bukan air yang warnanya kecoklatan atau selain warna yang jernih itu bukan air yang bersih. Rasa dari juga bisa dilihat dari segi fisiknya. Kualitas air yang bersih adalah air yang tidak ada rasa sama sekali. 

  2. Air berdasarkan kimia
    Dari aspek kimiawi, bahan air minum tidak boleh mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi serta logam berat (misalnya Hg, Ni, Pb, Zn,dan Ag) ataupun zat beracun seperti senyawa hidrokarbon dan detergen. Ion logam berat dapat mendenaturasi protein, disamping itu logam berat dapat bereaksi dengan gugus fungsi lainnya dalam biomolekul. Karena sebagian akan tertimbun di berbagai organ terutama saluran cerna, hati dan ginjal, maka organ-organ inilah yang terutama dirusak
    Sumber : http://yukiberbagisehat.blogspot.com/2013/01/kriteria-air-minum-yang-layak-untuk.html

Berdasarkan penjelasan diatas, agar air minum yang sehat dan bebas dari bakteri gunakanlah pureit, karena pureit merupakan alat pemurni air yang bebas dari bakteri. Selain itu, Pureit berguna untuk memurnikan air sehingga air siap untuk dikonsumsi/diminum. Penggunaannya sangat praktis, tidak perlu menggunakan gas dan listrik. 
Buat para blogger, mari kita gunakan pureit agar kita terlihat sehat dan bersih dari kuman. Dengan menggunakan pureit kita bisa hidup sehat selamanya. :)

TEGALAN (LAHAN KERING)



Lahan Kering (Tegalan)


Disusun oleh:


Halim Surya Putra                       20130220031

                  
Fakultas Pertanian
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
2014


LATAR BELAKANG
Lahan kering adalah bagian dari ekosistem teresterial yang luasnya relatif luas  dibandingkan dengan lahan basah (Mutmainah, 2009).  Pada saat ini pemanfaatan lahan kering untuk keperluan pertanian baik tanaman semusim maupun tanaman tahunan/ perkebunan sudah sangat berkembang.
Pemanfaatan lahan kering di daerah perbukitan dan pegunungan untuk pertanian semusim untuk menghasilkan bahan pangan banyak dijumpai dan dilakukan penduduk yang bermukim di pedesaan.  Dengan pemanfaatan lahan kering di pegunungan dan perbukitan secara terus menerus tanpa memperhatikan kaidah konservasi akan menyebabkan terjadinya  erosi dan penurunan kesuburan yang berat. Sedangkan secara ekologi akan mengganggu keseimbangan ekosistim terjadi  penurunan kekayaan hayati yang berat  (Stehr, 1982). Para pakar lingkungan di Indonesia  membagi Agroekosistem lahan kering kedalam beberapa kategori berdasarkan iklim,  ketinggian tempat dari permukaan laut dan jenis tanah dengan ketentuan sebagai berikut:
Berdasarkan Iklim.
1)   Lahan kering iklim basah (LKIB) yaitu daerah yang memiliki curah hujan diatas 2500 mm/tahun
2)   Lahan kering iklim kering (LKIK)  yaitu daerah yang memiliki curah hujan dibawah 2000 mm/ tahun
Berdasarkan ketinggian tempat.
1.    Lahan kering dataran tinggi (LKDT) yaitu daerah yang berada pada ketinggian diatas 700 meter dpl.
2.    Lahan kering dataran rendah (LKDR) yaitu daerah yang berada pada ketinggian  0 – 700 meter dpl.

Lahan kering adalah lahan yang dapat digunakan untuk usaha pertanian dengan menggunakan air secara terbatas dan biasanya hanya mengharapkan dari curah hujan. Secara teoritis, lahan kering di Indonesia dibedakan dalam dua kategori, yaitu: (1) Lahan kering beriklim kering, banyak terdapat di kawasan timur Indonesia, dan (2) Lahan kering beriklim basah, banyak ditemui di kawasan barat Indonesia. Cukup banyak tipologi wilayah pengembangan lahan kering yang terdapat di dua kategori tersebut. Namun wilayah pengembangan lahan kering yang dominan di Indonesia diklasifikasikan berdasarkan potensi dan dominasi vegetasinya. Pendayagunaan lahan atau tanah memerlukan pengelolaan yang tepat dan sejauh mungkin mencegah dan mengurangi kerusakan dan dapat menjamin kelestarian sumber daya alam tersebut untuk kepentingan generasi yang akan datang. Pada sistem lingkungan tanah, usaha-usaha yang perlu dikerjakan ialah rehabilitasi, pengawetan, perencanaan, dan pendayagunaan tanah yang optimum.
Lahan kering dibagi ke dalam empat kategori, yakni :
  1. Hyper Arid : indek kekeringan (rasio antara curah hujan dan evapotranspirasi potensial) 0.03, tidak ada vegetasi tanaman kecuali hanya beberapa rumpun rumput di daerah lembah, penggembalaan ternak berpindah-pindah, hujan tahunan rendah (di bawah 100 mm/tahun), serta hujan terjadi tidak menentu, bahkan kadang-kadang tidak terjadi hujan sepanjang tahun. Daerah ini terdapat di pe-“gurun”-an Saudi Arabia “Rub’ul Kholi” atau yang dikenal dengan empty quarter.
  2. Arid : indek kekeringan 0.03-0.20 yang ditandai dengan adanya peternakan, kegiatan pertanian dilakukan dengan irigasi tetes dan sprinkler, terdapat tanaman musiman dan tahunan yang letaknya terpisah-pisah, dan curah hujan tahunan antara 100 – 300 mm.Terdapat di Jeddah, Saudi Arabia dan Negara-negara Timur Tengah pada umumnya.
  3. Semi Arid : indek kekeringan 0.2-0.5 yang ditandai dengan adanya kegiatan pertanian denga mengandalkan air hujan meski produktifitasnya masih rendah, terdapat kegiatan peternakan komunal, dan curah hujan tahunan 300-800 mm.Biasanya terdapat di perbatasan daerah tropis dan sub-tropis.
  4. Sub Humid: indek kekeringan 0.5-0.75. Daerah sub humid juga dimasukkan ke dalam area lahan kering, meski sebenarnya memiliki karakter yang dekat dengan daerah lahan basah.  Di Indonesia kawasan timur memiliki karakter Sub-Humid, yang mana terdapat beberapa kendala untuk budidadaya pertanian di daerah tersebut.
Penggunaan lahan atau tanah yang kurang tepat akan menyebabkan lahan atau tanah tersebut menjadi rusak (kritis) dan kehilangan fungsinya. Hilangnya fungsi produksi dari sumber daya tanah dapat terus menerus diperbaharui, karena diperlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk pembentukan tanah tersebut. 


KOMPONEN PENYUSUN
Lahan kering (tegalan) memiliki 2 komponen penyusun, yaitu:
1.      Komponen Abiotik
Komponen abiotic merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Secara terperinci, komponen abiotic merupakan keadaan fisik dan kimia di sekitar organisme yang menjadi medium dan substart untuk menunjang berlangsungnya kehidupan organisme tersebut. Beberapa contoh komponen abiotic adalah cahaya matahari, air, udara,tanah, topografi dan iklim.
·         Cahaya matahari
Tingginya radiasi cahaya matahari di daerah lahan kering mengakibatkan tingginya evapotranspirasi, rendahnya suplai oksigen (O2) dan salinasi atau penggaraman di tanah.

·         Air
Hampir semua makluk hidup membutuhkan air. Karena itu, ar merupakan komponen yang ital. bagi kehidupan. Pada lahan kering, air yag terdapat dalam tanah dapat ditaha oleh masa tanah, tertahan oleh lapisan kedap air atau keadaan drainase yang kurang baik. Rendahnya curah hujan pada tegalan, akan menjadi ciri khas yang hanya memiliki keterbatasan/ketersediaan air.

·         Tanah
Sifat fisik tanah pada lahan kering kurang baik yaitu berstruktur padat kelembapan lapisan tanah atas (top soil) maupun lapisan tanah bawah (sub soil) rendah sirkulasi udara agak terhambat dan kemampuan tanah untuk menyimpan air relative rendah. Lahan kering sebagian besar terdiri dari tanah-tanah ultisol incaptisol atau alufial alfisol dan oksisol namun tetap berpotensi untuk dikembangkan sebagai lahan yang produktif dengan pemilihan teknologi dan jenis komuditi yang sesuai. Allufial merupakan tanah yang berkembang dari bahan allufium muda (receen) mempunyai susunan berlapir atau kadar C-organik tak teratur dengan kadar fraksi pasir kurang dari 60% pada kedalaman antara 25-100 cm dari permukaan tanah mineral. Tanah allufial hanya meliputi lahan yang sering atau baru saja mengalami banjir atau merupakan hasil endapan bahan-bahan kolluvial akibat angkutan dari daerah di atasnya

·         Suhu
Pada semua ekosistem, suhu sangat berpengaruh. Karena di ekosistem yang berbeda suhu akan berbeda. Seperti pada tegalan, memiliki suhu yang cukup panas, sehingga jenis tanaman yang dapat ditanam sangat sedikit.

·         Kelembapan
Kelembapan udara tidak banyak berpengaruh pada pertumbuhan asalkan kadar air cukup tersedia di dalam tanah, optimumnya < 80%


2.      Komponen biotik di dalam lahan kering.
a.       Manusia
Manusia merupakan factor komponen biotik yang paling kuat, karena manusia yang bisa mengatur atau mengolah semua yang ada di bumi. Dalam hal ini, yang mengolah tegalan adalah manusia. Bukan hanya agroekosistem tegalan saja yang harus diolah, tapi semua agroekosistem.

b.      Biota Tanah
Biota tanah merupakan salah satu komponen ekosistem lahan/tanah yang berperan dalam memperbaiki struktur tanah melalui penurunan berat jenis, meningkatkan ruang pori, aerasi, drainase, kapasitas penyimpanan air, dekomposisi sisa organik, pencampuran partikel tanah, penyebaran mikroba, dan perbaikan struktur agregat tanah. Walaupun pengaruhnya terhadap pembentukan tanah dan dekomposisi bahan organik bersifat tidak langsung, secara umum biota tanah dapat dipandang sebagai pengatur proses fisik, kimia maupun biokimia dalam tanah.
Biota tanah adalah kumpulan jasad hidup yang menjadikan tubuh tanah sebagai ruang hidup untuk menjalankan sebagai atau seluruh kegiatan ekologisnya. Biota tanah merupakan bagian tidak dapat terpiahkan tubuh tanah yang antara keduanya terdapat hubungan timbal balik. Biota tanah merupakan salah factor pembentuk tanah yang kegiatan ekofisiologisnya mengendalikan aneka proses pedogenik tanah, antara lain melalui perombakan (mineralisasi), menghancurkan dan merombak bahan organik (humifikasi, mineralisasi) dan mencampur aduk bahan penyusun tanah (pedoturbasi)

c.       Hewan Ternak
Lahan kering bisa juga menjadi tempat berlangsungnya keanekaragaman hayati dimana terdapat beberapa hewan yang hidup di lahan kering.


INTERAKSI ANTAR KOMPONEN
Komponen abiotik dan biotik di dalam lahan kering saling berinteraksi untuk mencapai keseimbangan lahan kering pertanian. Kebutuhan pangan atau sumber nutrisi bagi faktor biotik tersedia dengan adanya faktor abiotik tanah, air, unsur hara, dan anasir iklim yang mendukung nutrisi dalam tanah maupun udara menjadi tersedia. Adanya daur unsur atau daur biogeokimiawi di alam menunjukkan keterkaitan antara faktor biotik dan abiotik. Komponen biotik dan abiotic juga membentuk siklus, seperti siklus karbondioksida. siklus ini berjalan untuk sebagai hasil interaksi komponen yang ada di dalam ekosistem tersebut.
Dalam hal ini interaksi antar komponen, antara komponen biotic dan komponen abiotic saling berhubungan untuk meningkatkan kualitas di tanaman tersebut.
Beberapa interaksi antar komponen, yaitu:
1.      Cahaya matahari
semua jenis tanaman pasti membutuhkan cahaya matahari, karena matahari dapat membuat tanaman akan tumbuh dengan segar.
2.      Air
Tanaman di lahan kering pasti sangat membutuhkan air. Tanpa air di lahan kering vegetasi tanaman tidak akan ada. Jenis tanaman di lahan kering juga sedikit sehingga kebutuhan air sangat banyak dibutuhkan.

3.      Suhu
Suhu di lahan kering cukup panas sehingga tanaman yang ditanam tidak terlalu banyak jenisnya. Dikarenakan suhu yang cukup panas, hasil untuk tanaman tersebut sangat sulit untuk diperoleh.
4.      Tanah
Tanah yang cukup padat dan kering membuat tanaman di tanah yang kering sulit untuk berproduksi.


ANALISIS AGROEKOSISTEM

A.    Produktivitas
Tingkat produktivitas pada lahan kering lebih sedikit dan jenis tanamannya hanya jenis tanaman yang hanya mmbutuhkan curah hujan. Dalam hal ini produktivitas merupakan rasio dari total output dengan input yang digunakan dalam produksi. Produktivitas lahan berkesesuaian dengan kapasitas lahan untuk menyerap input produksi dan menghasilkan output dalam produksi tanaman. Dibandingkan dengan wanatani, produktivitas sangat tinggi karena tanaman pada wanatani lebih banyak dan segi ekonomi pada agroekosistem wanatani lebih tinggi.

B.     Keberlanjutan
Dari segi keberlanjutannya, tanaman pada agroekosistem tegalan sangat sulit untuk bertahan hidup dikarenakan tegalan hanya mengandalkan curah hujan saja. Sehingga untuk hasilnya sangat minim. Selain itu, tanaman hanya dapat ditanam pada waktu-waktu tertentu. Dibandingkan dengan wanatani, proses untuk bertahan hidup lebih lama. Dikarenakan jenis tanamannya beragam dan tidak bergantung pada curah hujan.

C.     Stabilitas
Nilai ekonomi pada agrosistem tegalan sangat rendah dibanding dengan wanatani. Karena jenis tanamannya hanya satu jenis tanaman yang ditanam pada lahan tertentu dan panen juga berdasarkan waktu-waktu tertentu.


KESIMPULAN
Pertanian Lahan Kering merupakan aktifitas pertanian (budidaya tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan) yang dilakukan di lahan kering. Penggunaan lahan atau tanah yang kurang tepat akan menyebabkan lahan atau tanah tersebut menjadi rusak (kritis) dan kehilangan fungsinya. Hilangnya fungsi produksi dari sumber daya tanah dapat terus menerus diperbaharui, karena diperlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk pembentukan tanah tersebut.
Kondisi lahan kering tersebut mengakibatkan sulitnya membudidayakan berbagai produk pertanian. Faktor primer yang diperlukan tanaman untuk tumbuh adalah media tanam, air, cahaya, angin, dan nutrisi tanaman. Semua faktor yang diperlukan tanaman untuk dapat tumbuh dengan baik tersebut terhambat oleh kondisi daerah lahan kering yang memiliki iklim dan cuaca ekstrim.
Komponen abiotik pada tanah lapisan atas yang baik untuk pertumbuhan tanaman lahan kering (bukan sawah) umumnya mengandung 45% (volume) bahan mineral, 5% bahan organic, 20-30% udara, 20-30% air, tanah, cahaya, arus angin, pH atau derajat keasaman, iklim.




PERTANYAAN DISKUSI
(2)   Apa yang dimaksud dengan Hyper Arid, Arid, Semi Arid, Sub Humid ? Indonesia termasuk kategori apa? Intan Safharida (20130220030)
(3)   Sebutkan contoh tanaman yang dapat di tanam di Hyper Arid? Riki Ilham Nadir (20130220014)
(4)   Apakah Tumpang Sari dapat meningkatkan keuntungan ? Febri Herdani

JAWABAN DISKUSI
1.      Lahan kering dibagi ke dalam empat kategori, yakni :
(1)   Hyper Arid : indek kekeringan(rasio antara curah hujan dan evapotranspirasi potensial) 0.03, tidak ada vegetasi tanaman kecuali hanya beberapa rumpun rumput di daerah1.  lembah, penggembalaan ternak berpindah-pindah, hujan tahunan rendah (di bawah 100 mm/tahun), serta hujan terjadi tidak menentu, bahkan kadang-kadang tidak terjadi hujan sepanjang tahun. Daerah ini terdapat di pe-“gurun”-an Saudi Arabia “Rub’ul Kholi” atau yang dikenal dengan empty quarter.
2)      Arid : indek kekeringan 0.03-0.20 yang ditandai dengan adanya peternakan, kegiatan pertanian dilakukan dengan irigasi tetes dan sprinkler, terdapat tanaman musiman dan tahunan yang letaknya terpisah-pisah, dan curah hujan tahunan antara 100 – 300 mm.Terdapat di Jeddah, Saudi Arabia dan Negara-negara Timur Tengah pada umumnya.
3)      Semi Arid : indek kekeringan 0.2-0.5 yang ditandai dengan adanya kegiatan pertanian dengan mengandalkan air hujan meski produktifitasnya masih rendah, terdapat kegiatan peternakan komunal, dan curah hujan tahunan 300-800 mm.Biasanya terdapat di perbatasan daerah tropis dan sub-tropis.
4)      Sub Humid: indek kekeringan 0.5-0.75. Daerah sub humid juga dimasukkan ke dalam area lahan kering, meski sebenarnya memiliki karakter yang dekat dengan daerah lahan basah.  Di Indonesia kawasan timur memiliki karakter Sub-Humid, yang mana terdapat beberapa kendala untuk budidadaya pertanian di daerah tersebut.
Jadi diantara keempat kategori ini, Indonesia termasuk bagian Sub Humid karena di Sub Humid ini merupakan area lahan kering yang berada di Indonesia kawasan bagian Timur.
2.      Contoh tanaman yang ditanam di Hyper Arid adalah rumput-rumput yang tumbuh di daerah lembah. Di daerah ini tidak terdapat vegetasi tanaman.

3.      Iya, karena pertanaman tumpang sari dapat memberikan keuntungan dan dapat memberikan kestabilan cukup baik dalam menghadapi keterbatasan curah hujan. Di bidang ekonomi mampu memberikan kesinambungan pendapatan selama satu tahun kepada petani.

Pure it

Clock

Loading...

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Translate

Popular Posts

Pengikut

Welcome to my blog

Daily Calendar

Cute Rocket

About this blog

Selamat Datang di Keajaiban Dunia Yang Aneh dan Fenomena